Friday, April 13, 2012

Kenapa saya mesti mengikuti acara Festival Teluk Jailolo 2012?




Kenapa saya mesti mengikuti acara Festival Teluk Jailolo 2012?
Indonesia. Sebagai Warga Negara Indonesia, tentunya kalian tahu dong Indonesia itu punya apa aja? Indonesia punya segalanya. Bahkan kita tidak sanggup untuk menjabarkannya. Objek wisata, ragam budaya, makanan tradisional, pakaian daerah, ragam bahasa dan segala macam yang memang tidak bisa dijabarkan secara rinci. Belum lagi, sumber daya alam yang tidak terkira.
Alasan itulah, yang membuat gue suka untuk bepergian domestik alias wisata dalam Indonesia, daripada mesti keluar negeri. Gue suka banget sama Indonesia, apalagi pantainya. Semuanya sih gue suka, budaya, pakaian, makanan, bahkan mallnya aja gue suka. Memang sih banyak hal yang bisa dikagumin dari Indonesia, cuma butuh effort lebih untuk mengagumi semuanya. Bahkan, gue yang udah 20 tahun tinggal di Indonesia, mungkin gak banyak ragam budaya yang gue tahu. Dan termasuk, Festival Teluk Jailolo 2012. Gue baru tahu ada festival ini dari teman gue yang juga suka travelling yang sering banget sharing info tentang Festival Teluk Jailolo.

Saat gue cari tahu tentang Jailolo, I was a bit shocked, ketika tahu Festival ini di Teluk Jailolo di daerah Maluku yang menurut gue salah satu daerah paling eksotis di Indonesia dan juga acaranya banyak di pantai. Banyak banget rangkaian acara yang bikin gue penasaran. Bisa kalian bayangkan, salah satu yang membuat gue penasaran adalah “Cabaret on The Sea” . Yang ada dalam imajinasi gue adalah, festival kabaret, di laut. Dengan baju dan pernak-pernik yang berwarna-warni. Oh my.. That must be a huge performance on the sea. Apalagi temanya “The Amazing of Golden Spice Island”. Nah, sekalian belajar sejarah. Mungkin kita cuma tau rempah-rempah itu dari Maluku sekedar dari buku sejarah aja. Dalam imajinasi gue, festival ini bakal ngangkat cerita sejarah tentang kejayaan rempah-rempah di tanah Maluku dulu. Pastinya bakal banyak banget, kapal-kapal nelayan, kapal-kapal dagang yang mirip banget di jamannya Colombus. Which is, banyak orang peranakan juga yang berperan disitu. Dan gue penasaran sama semua rangkaian acara Festival Teluk Jailolo. I just want to be one witness of the great of Indonesia.

Cabaret on The Sea
It was like one stop entertainment spot on the sea. Lo bisa lihat pantai, laut, festival, budaya, pakaian, makanan in one huge festival area, Jailolo.
Terus kenapa sih mesti gue? Kenapa? Mungkin bukan cuma gue aja, orang tua gue atau bahkan keluarga gue yang gue ceritain tentang Festival Teluk Jailolo, pastilah semua ingin bergabung. Be one of witness a huge festival on golden spice island, Maluku. Selain itu pula, gue bisa dapet pengalaman yang nggak pernah gue dapetin sebelumnya dalam setiap perjalanan ke gue. Bukan cuma sekedar getaway vacation, tapi juga berpartisipasi dalam festival penuh ragam dan budaya. Dan pastinya, menambah wawasan gue sebagai warga negara Indonesia yang notabene punya banyak banget ragam budaya. Lha wong pulaunya aja ada 13 ribuan. Bayangin aja!
Well, I hopefully that I can be part of the great Festival Teluk Jailolo 2012. Dan pastinya, bakal jadi kenangan hidup yang tidak terlupakan cause this must be my first experience to be part of great festival in Indonesia, Festival Teluk Jailolo 2012.


No comments:

Post a Comment