Wednesday, April 3, 2013

RM Pelangi Khas Makassar

Lagi.. Pada waktu itu, saya dan Treidy berencana mengajak Jules Tan salah seorang kolega dari Malaysia yang memiliki ketertarikan akan banyak hal tentang Indonesia untuk makan siang. Saya sempat berpikir untuk mengajak Jules ke rumah makan khas Indonesia yang jarang sekali di temukan di mana-mana yaitu Rumah Makan Aceh yang ada di Kebayoran Lama, makanan-makanan otentik khas Aceh seperti Ayam Tangkapnya. Namun, cerita kali ini bukan seputar makanan khas Aceh melainkan makanan khas Makassar.

Jadi, lupa ya karena apa akhirnya kami memilih resto ini.. Mungkin karena lokasi kali ya. Rumah Makan Pelangi yang sering Treidy sebut ini katanya di dekat Tebet, dan yang saya tau di Wahid Hasyim, Thamrin. Namun, sudah pindah beberapa waktu yang lalu ke sebelah Kopitiam Oey di Sabang, Jakarta Pusat. Karena penasaran itu Rumah Makan Pelangi asli atau tidak, jadilah kami makan disana.

Kami memesan menu tengah sebagai makanan utama kami, karena kami bertiga jadi saatnya kami saling mencoba makanan. Karena porsinya yang cukup besar, jadilah kami membagi-bagi makanannya. Dan namanya juga makanan Indonesia, jadi nggak ada appetizer dan kami langsung memesan makanan utama yaitu Sop Ikan Pallumara, Sop Konro, dan Cah Kangkung.

Sop Ikan Pallumara
Sop Ikan Pallumara ini adalah sop ikan yang terdiri dari kuah kuning kunyit yang cukup menyengat lidah dengan rasa yang khas dan lauk dasarnya ikan laut bandeng. Masakan Pallumara ini bisa menjadi rekomendasi bagi yang tidak suka daging sapi dan sejenisnya. Nah, untuk rasanya tidak terlalu pedas kok, dan juga terasa segar sekali. Dagingnya empuk dan walaupun rempahnya agak kurang meresap ke dalam ikan.
Sop Konro
Dan selanjutnya adalah Sop Konro, ya semacam sop iga sapi khas, rasa ketumbarnya sangat terasa sekali juga berbagai macam rempah didalamnya. Selain itu dagingnya sangat lembut. Saya paling senang kalau udah soal menghabiskan daging iga hehehe

Yang paling menyebalkan di rumah makan itu adalah, saya mempertanyakan tumis kangkung terasi kami. Karena sampai kami selesai makan pun, mereka belum selesai membuatnya dan saya sudah kesal ingin membatalkannya tapi mereka bilang saya tidak dapat membatalkan pesanan saya. Karena memang pelayanannya yang kurang baik, setelah berbincang sejenak dan tanpa memesan dessert, kami meminta bill kami dan ternyata mereka menambahkan tumis kangkung ke dalam tagihan kami. Ya udah.. kita orang protes aja to..

Alamat:
RM Pelangi Khas Makassar
Jl. Sabang No.18
Jakarta Pusat

No comments:

Post a Comment