Tuesday, May 3, 2011

#3 Soyjoy Healthylicious 2: Gizi dalam Kedelai I

Hello, Blogwalker!

Welcome back, selamat datang kembali dengan tulisan-tulisan berkaitan dengan keajaiban kedelai. Mudah-mudahan kalian tetap tidak bosan dengan keberadaan tulisan ini, karena memang menurut gue sendiri aja tulisan ini worth it banget buat di baca lho! Hahaha gimana ngga, gue mengerahkan seluruh jiwa raga serta kemampuan gue untuk ketik sana sini menggali segala sumber informasi yang ada, bahkan menanyakan ke beberapa sumber informasi terpercaya berkaitan dengan keajaiban kedelai. TUH! Di tengah-tengah kesibukan gue yang sepertinya lebih sibuk daripada para anggota dewan yang cuma ngitungin duit untuk pergi studi banding sana sini, gue sih lebih memilih menjerumuskan diri gue ke aktivitas penuh dengan himpitan deadline sana-sini.

Eits, kebanyakan curhat nih gue hihihi eh boleh dong, secara ya lagi-lagi gue menulis blog ini di dini hari alias pagi buta cuma biar semua orang tahu akan manfaat kedelai yang sejatinya dapat menolong kalian di tengah kegundahan memilih jenis makanan yang simple namun bergizi padat. Cuss, baca deh artikel-artikel gue.
Kali ini, sesuai dengan judul yaitu kandungan gizi pada kedelai. Gue bakal ngasih tahu kegunaan dari setiap kandungan gizi yang dimiliki oleh kedelai. Jadi, semakin gamblang nih. Terus kalian ga bakal ragu juga buat terus mengkonsumsi kedelai. Buat yang belum mengkonsumsi, abis ini langsung lari sana sini buat ngejar tuh yang namanya kedelai atau the super bean.

Just, for your info aja ya. Kacang kedelai itu mengandung 38% protein, 18% lemak nabati (polyunsaturated fatty acid) atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam lemak tidak jenuh majemuk, 15% karbohidrat, 15% serat diet kacang kedelai, soy lecithin, vitamin, dan mineral. Juga ya, kacang kedelai itu mengandung phytonutrient atau nutrisi-nutrisi terbaik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti isoflavones, phytoesterols, dan saponin.
Ikatan Kimia Isoflavon

Penipisan tulang cepat terjadi pada wanita selama lima hingga tujuh tahun setelah menopause di saat penurunan pada level estrogren bisa menyebabkan mereka kehilangan lebih dari 5% massa tulang per tahunnya. Tuh, bayangkan deh coba. Terus nih ya, banyak juga cara yang dilakukan orang untuk mengatasi ini, salah satunya adalah dengan mengganti estrogen melalui terapi.

Nah, mengganti estrogen melalui terapi penggantian hormon diketahui membahayakan kesehatan, termasuk menimbulkan stroke. Protein kedelai dipandang sebagai alternatif yang bagus. Cara lain bagi para wanita menopause untuk memperlambat penipisan tulang yang disarankan oleh Badan Makanan dan Obat AS (FDA) adalah lebih banyak berolahraga dan menambah konsumsi kalsium dan vitamin D.

Terus, kacang kedelai ini kaya sekali akan mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, selenium dan seng. Kita kan tahu yah, kalsium itu adalah mineral yang sangat penting karena dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, kekuatan tulang dan juga dapat mencegah osteoporosis. Ada berbagai macam makanan yang mengandung kalsium, tetapi kacang kedelai mengandung lebih sedikit methione dibanding dengan makanan lain. Nah, buat yang ngga tau Methione itu apa, Methione adalah sejenis asam amino yang dapat menyebabkan kehilangan banyak kalsium dalam tubuh.

Kacang kedelai juga bisa menghambat osteoporosis karena kaya akan kandungan phytoestrogens yang disebut isoflavones, mirip seperti estrogen di dalam strukturnya, sebagai penerima estrogen, atau yang lebih dikenal dengan sebutan estrogenomimetics. Kalsium pada makanan sendiri dianjurkan mencegah osteoporosis. Kalsium adalah salah satu mikromineral yang berguna bagi tubuh manusia. Sebanyak 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput di dalam struktur sel dan selaput sel. Fungsi kalsium merupakan mineral yang sangat penting, yaitu pengaruh neuro transmiter, peredaran darah dan fungsi otot urat, membantu meningkatkan kekuatan pada tulang, guna mencegah tulang keropos (osteoporosis), membantu peredaran darah secara normal, membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot, mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus.

SOYJOY
Wah, kayaknya nih ya ngga bakal abis kalo terus ngomongin sejuta kebaikan kedelai di dalamnya. Mungkin harus dibagi menjadi beberapa part nih gan hihihi dari segitu aja kalian bisa tahu betapa pentingnya biji-bijian kedelai itu buat tubuh kita. Kalian masih tega meninggalkan kedelai dalam asupan tubuh kalian? Ih, gue sih ngga rela banget kalo gue mesti kelewatan untuk mengkonsumsi kedelai. At least, ada lah ya konsumsi cemilan-cemilan kecil di supermarket, atau mini market yang bergizi besar karena mengandung sejuta kebaikan kedelai di dalamnya. Seperti, SOYJOY! Cemilan berbahan dasar tepung kedelai yang mampu menutupi asupan kebutuhan kedelai kita sehari-harinya. Kecil sih bentuknya, tapi asal kalian tahu ya. Mau walaupun kecil, tapi berdampak besar sekali untuk hidup kita. Karena kandungan gizi didalamnya yang begitu besar.
Masih mau ketinggalan mengkonsumsi kedelai?

Sumber:

www.soyjoy.co.id
http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/04/27/1106/3/Manfaat-Kedelai-bagi-Kesehatan 
http://mycapsicum.multiply.com/recipes/item/25/Susu_Kacang_Kedelai?&show_interstitial=1&u=%2Frecipes%2Fitem

No comments:

Post a Comment