Saturday, May 7, 2011

History of Pocari Sweat Blog Competition

Hello, Blogwalker! And, Hello Pocarian!

A very nice sunday to brighten up your day and welcoming your monday tomorrow. Mungkin beberapa dari kalian udah lesu dan ngga ada semangat lagi buat nyambut senin. Senin menurut gue biasa aja sih, sama seperti hari-hari biasanya cuma mungkin kalian terlalu excited dengan weekend yang luar biasa menyenangkannya dibanding dengan hari senin yang melelahkan. Beberapa mungkin ngga melelahkan, cuma semacam shock theraphy aja kali ya harus menghadapi kesibukan setelah kesenangan berakhir hehe life is so fair lah ya istilahnya.


Seminggu belakangan, tepatnya mulai dari akhir bulan April lalu sampai kemarin gue merasa berbeda sekali. Selain karena gue terpilih menjadi salah satu finalis Soyjoy Healthylicious, kemarin juga menjadi saat-saat yang menyenangkan karena gue memulai aktivitas baru diluar jadwal akademis gue dengan berkecimpung di organisasi non-profit yang menangani anak-anak kanker. Berasa banget lho gue mendadak menjadi orang yang smart dan bijaksana hihihi bukannya narsis ya cuma ya gue ngerasa jadi lebih tahu aja gimana menghadapi suatu persoalan, terutama dengan waktu.

Sama seperti dengan Pocari Sweat pada awal-awal kehadirannya. Awalnya, Otsuka Pharmaceutical cuma memproduksi cairan infus dan produk obat oles Oronamin C yang membuat perusahaan jadi sangat maju. Namun, Kepala Pabrik pada waktu itu, Akihiko Otsuka yang setelahnya menjabat sebagai Presiden Otsuka ke-3 tidak puas sampai situ saja, ia bertekad untuk membuat sebuah terobosan baru untuk lebih memajukan Otsuka Pharmaceutical.

Bukan usaha yang mudah untuk menciptakan sesuatu yang baru dan tentunya bermanfaat bagi orang banyak. Salah satu asisten Akihiko, atau seorang peneliti di Otsuka menyarankan untuk cairan infus tadi diproduksi lagi menjadi minuman kesehatan yang bermanfaat. Ketika gue mendengar ucapan peneliti ini, gue langsung berucap dalam hati "This is Brilliant". Gimana ngga, nih kalo misalnya lo udah memproduksi cairan infus dan lo mentranformasikan produk lo menjadi produk lain itu merupakan sebuah cara yang inovatif untuk meningkatkan profit perusahaan, sama saja kayak lo mereduce cost production itu sendiri. Emang sih lo harus tetap membayar untuk riset dan penelitian, tapi jauh dari itu membuat lo lebih unggul karena lo mampu menciptakan beberapa produk dari satu produk utama.

Tapi ternyata, ini bukan perkara mudah. Penelitian yang dilakukan Otsuka pada waktu lama sekali hingga akhirnya dapat menciptakan minuman berasa yang dapat sepenuhnya menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat berkeringat. Canggih ngga tuh! Sama aja kayak kita sakit, kita di infus. Itu salah satu cara untuk memberikan asupan cairan tubuh lo yang hilang ketika lo sakit. Cuma kita kan ngga pernah tahu rasa infus, lha wong ditransferin pakai jarum langsung ketubuh. Dan, inilah terobosan Otsuka. Memberikan zat perasa alami kedalam minuman pengganti ion tubuh yang hilang.

Go Ion!

Nah, kaget kan kenapa tiba-tiba ada tulisan Bold-Italic bertuliskan Go Ion! Yak,  beberapa mungkin sudah mengenal slogan besar perusahaan Otsuka ini. Kita mungkin saling menerka, apa sih maksudnya. Ko Ion? Ko bla.. bla.. bla.. 
Semuanya juga mungkin sekarang tahu ya, ion tubuh kita itu penting sekali. Makanya ketika kita berolahraga, beraktivitas atau melakukan apapun itu kita harus tetap berkecukupan ion tubuh supaya tidak dehidrasi. That's why Otsuka people creating this product, berharap semua orang dapat memenuhi kebutuhan ion tubuhnya yang hilang dan menjadikan kesehatan mereka lebih baik lagi.

Nama Otsuka kini telah mencapai puncak kejayaannya. Namun, itu semua sebuah pencapaian berkat kerja keras orang-orang Otsuka yang sangat luar biasa. Ini bukan sebuah hadiah pemilik pertama, untuk Akihiko atau penerusnya tapi ini merupakan sebuah tugas besar yang harus senantiasa dikerjakan terus menerus supaya Otsuka tidak habis termakan oleh waktu. 

Banyak banget lho pelajaran yang bisa kita petik, untuk memanfaatkan waktu kita yang sepertinya tidak sedikit.  Dengan adanya tekad serta kemauan yang kuat, kita pasti bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan untuk hidup ini. Tercermin dari kisah orang-orang Otsuka Pharmaceutical. Jadi, kalo kalian berharap sesuatu yang besar, harus disertakan juga dengan effort yang setimpal. :)

Have a nice day!

No comments:

Post a Comment