Friday, May 6, 2011

#5 Soyjoy Healthylicious 2: The Super Soy Bean


Hello, Blogwalker!

Apa kabar? :)

I hope you all still live in your healthy life. Karena hari gini kalau ngga sehat tuh rugi banget mas bro, mbak sis. Mahal gitu lho!

Lama ya, kita tidak berjumpa. Hampir lebih dari 24 jam lho hihihi dan gue hadir lagi untuk terus menyebarkan berita baik seputar kehebatan kedelai yang sama sekali ngga kita ketahui atau mungkin terlewatkan sama kita.


“Molekul protein ini bisa mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor yang dibutuhkan tubuh.”

Seperti yang kita tahu sebelumnya kalau kedelai itu bernutrisi tinggi, dan memiliki kandungan gizi yang sepenuhnya dibutuhkan oleh tubuh. Protein merupakan senyawa organik kompleks yang memiliki banyak kandungan gizi. Dan kutipan kata diatas menurut bapak Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB disela-sela acara Soyjoy Healthylicious 2, kemarin (13/4/2011).

"Protein kedelai adalah lebih baik, hampir mendekati protein hewani walaupun tidak sama persis" katanya. Dalam paparan lanjutan, protein kedelai sangat baik untuk untuk tubuh manusia, karena daya cernanya bagus dan daya serapnya lebih bagus.
Mau tahu perbedaan protein hewani dan protein nabati? Yuk, cek tabel dibawah ini.
Protein Hewani
Protein Nabati
Mengandung Kolesterol
Tidak Mengandung Kolesterol
Konsumsi Protein Hewani yang Berlebihan Menjadi Tidak Sehat
Protein Nabati yang Baik dan Sepenuhnya dibutuhkan oleh Tubuh
Tidak Mengandung Isoflavone
Mengandung Isoflavone
Tidak Mengandung Fitoestrogen
Mengandung Fitoestrogen
Tidak Mengandung Lesitin
 Mengandung Lesitin
Tidak Mengandung Saponin
Mengandung Saponin
Tabel Perbedaan Protein Hewani dan Protein Nabati

Terus buat ngeyakinin nih, gue juga mau ngasih tau beberapa perbandingan kandungan gizi yang super ciamik, si kedelai dengan makanan yang lain.

Pertama, Dibandingkan dengan susu nonfat, kandungan protein kedelai dua kali lebih banyak. Tuh, bisa kalian bayangin dong, susu non-fat aja masih kalah banyak kandungan proteinnya sama kedelai.

Terus yang kedua, Dibandingkan dengan secangkir brokoli segar, setengah cangkir kedelai memiliki kalsium lebih banyak, penjelasannya kurang lebih, brokoli 62 Mg sedangkan kedelai 88 mg.

Ketiga, Tahukah Anda kedelai utuh memiliki serat, zat besi dan pottasium lebih banyak dibandingkan ayam.
Zat besi bisa berasal dari hewani atau nabati

Keempat, Serat, priteun dan vitamin K dalam kedelai utuh lebih banyak dibandingkan oatmeal atau sejenis sereal.

Kelima, Dibandingkan dengan roti gandum, jumlah seratnya sama banyak dan uniknya kedelai utuh konon memiliki lebih banyak zat besi, antioksidan, dan potasium. Dalam kedelai, suatu zat antioksidan ini bentuknya isoflavon. Nah, sama seperti halnya vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon juga merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.

Keenam, Kandungan potasiumnya sama seperti pisang, hanya saja memiliki kelebihan dengan dilengkapi dengan protein, serat dan zat besi.

Ketujuh, Serat, kalsium, zat besi dan magnesium yang terkandung dalam ikan salmon masih lebih rendah dibandingkan dengan kedelai utuh. Seperti yang kita ketahui, harga salmon ini termasuk mahal di Indonesia. Bahkan, kita hanya bisa mengkonsumsinya di restoran-restoran yang mahal. Atau, kalau mau masak sendiri juga harganya sama mahalnya. Belum lagi, kalau kita salah masak. Kandungan dalam salmon bisa rusak, dan kita kehilangan apa yang kita butuhkan dalam ikan salmon.
Ikan Salmon
Kedelai, jauh lebih murah daripada salmon dan kita bisa menemukannya dimana saja. Bahkan, di warung makan pinggiran atau pedagang susu kedelai keliling. Dengan harga yang sangat terjangkau, kita mendapatkan sejuta kebaikan gizi yang dikandung kedelai untuk tubuh kita. Mulai dari sumber energi, protein, serat, vitamin, mineral dan banyak lainnya lagi kita bisa dapatkan dalam kedelai. Luar biasa sekali kan?

Itulah tadi, manfaat tersembunyi dari kedelai dan kehebatannya tidak kita ketahui. Aku sudah mulai akrab dengan kedelai, bagaimana dengan anda? Sudah akrabkah anda dengan kedelai setiap hari?


Sumber:
www.soyjoy.co.id


3 comments: